Pemilih Dapat Melihat Namanya Lewat "Sidalih"

Kupang (ANTARA Sulsel) - Ketua KPU Nusa Tenggara Timur Johanes Depa mengatakan warga masyarakat dapat memastikan telah terdaftar atau belum menjadi pemilih untuk Pemilu 2014, dapat melihatnya lewat Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) pada "data.kpu.go.id/dpshp.php".

"Akses informasi melalui media tersebut mungkin lebih praktis bagi warga kota yang sibuk atau masyarakat pedalaman yang sudah terlayani media internet guna perbaikan akhir DPSHP menjadi DPT," kata Depa di Kupang, Jumat.

Perbaikan DPSHP ini akan dilakukan oleh KPU di setiap kabupaten/kota dan provinsi mulai 31 Agustus sampai 7 September sebelum ditetapkan menjadi DPT pada 7-13 September 2013.

Ia menjelaskan untuk memulai mengakses, publik diminta untuk me-refresh wilayah: pilih daerah lain atau pilih kata "pilih", lalu kembali pilih daerah yang dimaksud.

Misalnya Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) TPS 08, lalu memilih Wilayah Provinsi : NTT, Kabupaten : Kota Kupang, Kecamatan : Oebobo Kelurahan : Liliba lalu tekan cari
Berikut Masukkan NIK: lalu nama Masukkan Nama: dan Isi salah satu field, apabila mengisi field pertama maka perncarian NIK yang akan dieksekusi.

"Keterangannya begini, K1: data yang memiliki nilai sama untuk kolom NIK, Nama, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir dan Tempat Lahir pada daerah lain. K2: data yang memiliki nilai sama untuk kolom NIK saja pada daerah lain Klik pada angka (jika ada) yang ada pada kolom K1 dan K2, maka akan muncul daftar data yang sama.

"Untuk memperbaiki data yang sama silahkan hubungi PPK/PPS di kelurahan masing-masing dimana warga pemilih menetap," katanya.

Dia menyebut secara nasional hingga Rabu, (28/7) jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sudah masuk Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) telah mencapai 173.050.362 jiwa.

Sedangkan jumlah nama yang telah tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) sebanyak 1.551.246 jiwa, demikian informasi yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta.

Jumlah itu, katanya, akan terus diperbarui hingga ada penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 7-13 September mendatang.

Total jumlah seccara nasional tersebut sudah termasuk pemilih hasil perbaikannya (DPSHP) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 3.130.901 pemilih.

Dari jumlah DPSHP, katanya terdapat pemilih perempuan yang lebih banyak yakni sebanyak 1.608.481 pemilih dan laki-laki sebanyak 1.522.420 pemilih. L. Molan