KPU Sulsel Seleksi Serentak Komisioner Tiga Daerah

Makassar (ANTARA Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan melakukan seleksi berupa tes tertulis secara serentak penerimaan calon anggota komisioner KPU untuk priode 2013-2018 di tiga daerah.

Ketiga daerah itu Kota Palopo, Kabupaten Bantaeng dan Sinjai pada 14 Agustus 2013.

"Ujian tertulis dimulai 14 Agustus ini, sebagai langkah persiapan menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 serta Pilkada selanjutnya," kata Anggota KPU Sulsel Mardiana Rusli di Makassar, Senin.

Mengenai pelaksanaan ujian, lanjutnya, calon anggota KPU dilakukan secara serentak di tiga daerah yakni Kota Palopo, Kabupaten Bantaeng dan Sinjai sesuai tahapan yang telah ditetapkan 15 panitia Tim Seleksi (Timsel).

Menurutnya, pelaksanaan itu dilakukan secara cepat karena masa kerja para timsel yang telah dibentuk beberapa waktu lalu hanya berlangsung selama dua bulan.

"Jadi pelaksanaan tes itu harus dilakukan secara bersamaan guna meminimalisir waktu yang tersisa. Ini melihat agenda KPU yang masih banyak dan perlu diselesaikan segera salah satunya Pileg dan Pilpres 2014 mendatang," ujar Mantan Ketua AJI Makassar itu.

Ia menuturkan, pelaksanaan seleksi tersebut berdasarkan hasil koordinasi antara pihak timsel dengan KPU Sulsel agar seleksi anggota KPU segera dilakukan melihat padatnya agenda pelaksanaan pemilu.

"Kita berharap seluruh timsel bisa berkerja secara maksimal, termasuk mengedepankan indenpendensi serta profesinalisme kerja dengan tidak diintervensi oleh siapapun," tutur Ana disapa akrab.

Berdasarkan tahapan untuk proses pendaftaran calon peserta anggota KPU yang bersangkutan, lanjutnya, mulai 16-23 Juli 2013, dan sudah selesai masa pendaftaran dan saat ini masuk dalam proses seleksi tertulis dan selanjutnya fit and propertest.

Sedangkan proses pemeriksaan berkas para calon dimulai 24-28 Juli 2013 dan hasinya telah diumumkan pada 29 Juli di tiga kabupaten yang bersangkutan.

Terpisah, Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief juga membenarkan bila pelaksanaan tes tertulis dilakukan secara serentak merujuk jadwal yang telah ditetapkan timsel masing-masing daerah. "Jadi ujiannya dilaksanakan secara bersamaan," tuturnya.

Mengenai dengan tes kesehatan dan psykologi, lanjut Iqbal, akan dilaksanakan pada 18-19 Agustus di Makassar. Tes kesehatan di Rumah Sakit Regional Wahidin Sudiro Husodo, dan tes psikologinya dilaksanakan di Fakultas Psikologi Univeritas Negeri Makassar

Untuk hasil ujian tertulis siapa saja calon yang lolos ke tahap uji kelayakan dan kepatutan untuk sesi wawancara, kata dia, timsel akan mengumumkan pada 24-25 Agustus 2013 sesuai dengan tahapan. "Hanya 15 sampai 20 calon yang akan diloloskan pada tahap ujian selanjutnya," katanya.

Mengenai soal-soal ujian tertulis, anggota KPU Sulsel lainnya Faisal Amir menambahkan, pihaknya melakukan `jemput bola` atau dengan kata lain soal tersebut langsung di ambil dari KPU Pusat.

"Soal-soalnya yang akan dipakai nanti sudah kita ambil di KPU Pusat sebelum hari tes, jadi tidak ada unsur rekayasa" tambahnya. M Yusuf