Wagub: Pengembangan Ternak Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Polman, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Aladin S Mengga menyampaikan pengembangan ternak sangat menentukan arah pembangunan serta berperan aktif dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Subsektor peternakan memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Sektor pertanian bukan hanya sekedar penyedia konsumsi protein hewani, tetapi juga berperan dalam peningkatan kesejahteraan peternak," katanya saat menyampaikan sambutan pada kontes ternak di Polman, Kamis.

Menurutnya, kontes ternak ini juga sebagai upaya promosi atas hasil produksi peternakan unggulan dalam mendukung peningkatan pemasaran hasil produksi peternakan di Sulbar.

"Melalui kontes ternak ini kita harapkan bisa memotivasi untuk peningkatan kualitas ketersediaan bibit untuk mewujudkan pembangunan peternakan berkelanjutan," terang Aladin.

Aladin menyampaikan, pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya.

Karena itu, kata dia, sektor peternakan terus meningkatkan usaha diversifikasi, intensifikasi dan ekstentisifikasi ternak yang didukung oleh pembangunan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada hakekatnya, kata dia, proses pembangunan adalah proses kemajuan menuju masyarakat yang maju, adil dan makmur yang ditandai tingkat kesejahteraan petani yang makin tinggi.

"Selama ini ada kelemahan peternak kita karena desakan ekonomi sehingga ternak petani dijual. Akibatnya kita sulit mendapatkan `parent stock` atau sapi yang dijadikan pejantan unggul. Namun demikian, pembangunan peternakan diharapkan mengandalkan sumberdaya lokal," ujar Wagub.

Direktur Pembibitan Ternak Kementan Ir.Abu Bakar, MM pada kesempatan yang sama memberikan apresiasi atas terselenggaranya ajang kontes ternak se-Sulawesi Barat yang dipusatkan di lapangan pondok pesantren Al-Ikhlas Lampoko, Kabupaten Polewali Mandar.

Kontes ternak, kata dia, merupakan ajang promosi atau ekspose terhadap hasil-hasil pembangunan peternakan sebagai salah satu sumbangsih pemerintah bagi masyarakatnya khususnya petani atau peternak.

"Ajang ini diharapkan mampu menggairahkan petani untuk meningkatkan populasi ternaknya serta mendukung kebijakan nasional mencapai target swasembada daging 2014," terangnya. Rolex Malaha