Atletik - Sulsel Targetkan Tiga Emas Kejurnas Junior

Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim Atletik Sulawesi Selatan menargetkan tiga medali emas pada kejuaraan nasional atletik remaja dan junior di Stadion Madya Senayan Jakarta, 3-6 April.

Pelatih atletik Sulsel Daniel di Makassar, Kamis, mengatakan target emas itu dibebankan kepada tiga atlet terbaiknya yakni Harifuddin (400-800m putra), Nasirah (400-800m putri), junda serta Alexandria Tono yang akan tampil di nomor lempar lembing junor.

Selain ketiga atlet, Tim Sulsel juga tetap berharap banyak pada empat atlet lainnya yang merupakan binaan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sulsel masing-masing Andi Candra Irawan (200m), Fitri(3.000m), serta Jalil Irtal di nomor jalan cepat 3.000m putra.

"Kami sengaja memberi target emas karena ketiganya memiliki pengalaman dan prestasi yang baik saat tampil diajang yang sama 2012 lalu. Khusus Harifuddin bahkan semakin membuktikan kualitasnya dengan perolehan emas di Popnas lalu," jelasnya.

Tim atletik Sulsel awalnya menyiapkan sebanyak 10 atlet terbaiknya tampil di kejurnas. Namun karena anggaran yang terbatas sehingga terpaksa dikurangi menjadi tujuh atlet. Tim Sulsel direncanakan bertolak ke Jakarta, 1 April.

Terkait kualitas lawan yang akan dihadapi, Tim Sulsel mengaku tetap mewaspadai sejumlah daerah seperti Sumsel (nomor jalan cepat), jatim dan Jateng (nomor lari) serta Riau di kategori lempar lembing.

Pihaknya juga telah melakukan persiapan yang cukup maksimal demi menjaga persaingan sekaligus mewujudkan target tiga emas di kejuaraan tahunan tersebut.

"Dari 33 provinsi yang direncanakan tampil memang secara kualitas cukup merata. Namun kita melihat ada beberapa daerah yang memang sejauh ini sangat merepotkan sehingga sepatutnya kita waspadai.Mudah-mudahan seluruh atlet tidak terbebani dengan target dengan bermain lepas," katanya.

Demisioner Sekretaris Umum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir menyatakan pencapaian tim atlet muda Sulsel memang belum terlalu memuaskan karena lebih sering menempati posisi kedua atau medali perak. Untuk tahun ini diharapkan target tiga emas bisa tercapai meski kenyataanya tidak akan muda diraih.

Dirinya juga cukup yakin dengan peningkatan kualitas atlet yang lebih baik semakin membuka peluang Sulsel meraih hasil maksimal. "Kami memiliki banyak atlet yang cukup berpotensi sehingga patut diberikan kesempatan untuk tampil lebih sering," ujarnya.

Editor : Farochah