kasdam : TNI Mesti Pertahankan Citra di Masyarakat

Mamuju (ANTARA News) - Kasdam VII /Wirabuana Makassar, Brigjen TNI Hari Mulyono menyampaikan, TNI mesti mampu mempertahankan citra di masyarakat yang telah terbangun positif selama ini.

"Sejarah telah membuktikan bahwa efektifitas sinergitas TNI dan rakyat sebagai satu kesatuan yang telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang kita hadapi sebagai bangsa yang merdeka dan negara berdaulat,"kata Hari Mulyono saat berada di Mamuju, Jum'at.

Menurutnya, saat ini TNI masih dalam suasana memperingati Hari Juang Kartika dimana jajarannya harus tetap siap menjaga integritas dan eksistensi sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia mengatakan, selama ini TNI telah melakukan reformasi internal dengan baik. Keberhasilan itu ditandai dengan keberadaan TNI Angkatan Darat (AD) diberbagai daerah yang senantiasa dapat diterima lapisan masyarakat.

"Citra TNI sudah terbangun matang di masyarakat. Ini setelah kami melihat banyaknya permintaan daerah untuk melaksanakan TMMD skala besar,"ucap Kasdam.

Untuk itu kata dia, dirinya memberi penghargaan kepada seluruh prajurit TNI AD atas perubahan sikap yang telah dilakukan sehingga membawa manfaat untuk kepentingan bangsa dan negara.

Namun demikian, hendaknya berharap agar reformasi dijajaran TNI tersebut tetap dilanjutkan guna menuju AD yang profesional tanpa bergeser dari jati dirinya.

Kesemuanya itu kata Kasdam, dituntut adanya konsistensi pembinaan yang berkesinambungan agar setiap penugasan yang diemban dapat dituntaskan dengan prestasi yang membanggakan.

"Kami menyadari upaya yang dilakukan TNI AD sampai saat ini masih belum dapat sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat. Makanya, dukungan dan masukan agar TNI semakin dicintai dan dibanggakan oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Kasdam. (T.KR-ACO//M019)