Bulukumba Gelar "Mappatabe' Ri Wanua" Sambut Menpora

Pewarta : id bulukumba, gala desa, menpora, imam nahrawi, mappatabe ri wanua

Suasana latihan pementasan tradisi "Mappatebe Ri Wanua" di Lapangan Pemuda, Bulukumba, Sabtu (13/5). (FOTO/Syamsurya Pratama)

Bulukumba (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menyambut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan menggelar tradisi "Mappatabe' Ri Wanua"  dalam rangka pembukaan Gala Desa 2017 yang dipusatkan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5).

Kepala Suku Sanggar Seni Budaya (SSB) Alfarabi AM Ichdar Yeneng di Bulukumba, Sabtu, mengatakan SSB Alfarabi ditunjuk Pemkab Bulukumba  sebagai salah sanggar untuk melakukan pementasan khusus menyambut Menpora  dalam rangka membuka Gala Desa 2017.

"Pementasan akan dikemas dengan konsep drama-tari dan Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali sendiri yang menjadi inisiator pementasan yang berjudul Mappatabe' Ri Wanua" ujarnya.

Menurut Ichdar, pementasan besok terbilang sakral karena banyak unsur budaya kearifan lokal yang diangkat.

"Pementasan Mappatabe' Ri Wanua ini menceritakan manusia yang memohon ijin kepada sang Esa, untuk melakukan suatu kegiatan besar, sama seperti yang akan dilaksanakan besok, semoga Kabupaten Bulukumba bisa menjalankan kegiatan Gala Desa 2017 dengan lancar," tuturnya.

Pementasan ini juga merupakan ajang untuk mempromosikan kesenian budaya dan tradisi yang ada di Kabupaten Bulukumba dan menghadirkan 10.000 peserta  dari 10 kecamatan di daerah tersebut.

 Gala Desa 2017 berlangsung pada 14 Mei - 9 September 2017 mempertandingan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, voli, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja dan atletik, dengan harapan akan muncul bibit baru yang potensial untuk mendapat pembinaan oleh kemenpora.

Sebanyak enam kabupaten di Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini  diantaranya Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo dan  Bulukumba sebagai tuan rumah.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar