"Taekwondo yang kita harapkan bisa menyumbang medali pada hari ini (Kamis) ternyata gagal. Hasil ini sudah sepatutnya dievaluasi agar bisa lebih baik kedepan," jelasnya.
Berita Terkait
Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim taekwondo Sulawesi Selatan gagal mempersembahkan medali pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jakarta, 12-20 September 2013.

Ketua Kontingen Sulsel Heri Susanto, saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan empat taekwondoin Sulsel yang diturunkan gagal bersaing. Pihaknya berharap kegagalan ini bisa menjadi bahan evaluasi sebelum tampil di Kejurnas antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) 2013.

"Taekwondo yang kita harapkan bisa menyumbang medali pada hari ini (Kamis) ternyata gagal. Hasil ini sudah sepatutnya dievaluasi agar bisa lebih baik kedepan," jelasnya.

Sekretaris Umum TI Sulsel Muhammad Tahir, mengatakan kegagalan tim Sulsel di Popnas salah satunya karena proses perekrutan atlet yang tidak melalui seleksi.

Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sulsel juga menyayangkan kebijakan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel yang lebih memprioritaskan atlet binaan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) untuk mewakili Sulsel di ajang olahraga pelajar terbesar itu.

Menurut dia, pihak Dispora Sulsel seharusnya memberikan kesempatan bagi seluruh atlet untuk membuktikan kualitasnya. Seleksi juga bertujuan mencari atlet yang dinilai paling berpotensi mempersembahkan prestasi bagi Sulsel.

Apalagi, kata dia, proses pembinaan dan regenerasi atlet taekwondo di Sulsel sudah berjalan baik. Sulsel juga memiliki banyak atlet muda potensial yang dapat diandalkan. Itu terlihat saat pelaksanaan kejuaraan antar pelajar se-Sulsel, beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi itu, sudah sepatutnya bila lebih dimanfaatkan demi mendatangkan prestasi bagi Sulsel. Apalagi, kata dia, hasil yang diraih para atlet taekwondo di Popnas 2013 itu baik langsung atau tidak akan berimbas pada Pengprov TI Sulsel.

"TI Sulsel sebagai induk olahraga tentu ikut merasakan dampaknya jika ternyata gagal meraih prestasi. Makanya kita sejak awal sudah menyatakan siap menggelar seleksi demi menjaga peluang di Popnas 2013," ujarnya.

Selain dari cabang taekwondo, Sulsel juga gagal meraih medali dari sejumlah cabang seperti dayung, panahan, tenis, voli pasir termasuk sepak bola.

Kegagalan sejumlah cabang olahraga membuat Sulsel harus pasrah tersingkir dari posisi 10 besar klasemen sementara Popnas 2013.

Kontingen Sulsel hingga saat ini masih berada diperingkat 13 klasemen dengan koleksi empat emas, empat perak dan lima perunggu. J Suswanto

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar